hardiknas 2018

Antisipasi Penganguran, Pakde Karwo Siapkan Program "Dual Track"

Home / Berita / Antisipasi Penganguran, Pakde Karwo Siapkan Program "Dual Track"
Antisipasi Penganguran, Pakde Karwo Siapkan Program Gubernur Provinsi Jawa Timur, Soekarwo (Pakde  Karwo). (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESTARAKAN, SURABAYAGubernur Provinsi Jawa Timur, Soekarwo (Pakde  Karwo) mengatakan untuk mengantisipasi pengangguran, Pepmrov Jatim akan menyisipkan program dual track dalam pendidikan vokasi di Jatim.

Menurut Soekarwo, dia bersama PGRI dan sejumlah guru telah merumuskan konsep dual track itu. Untuk penerapannya, pemprov memberlakukan rasio 70 persen untuk siswa SMK dan 30 persen untuk siswa SMA umum.

"Bagi SMK. pemprov telah bekerja sama dengan perguruan tinggi dan perusahaan, khususnya yang ada di Jatim, sedangkan untuk SMA, aliyah, ula, dan wusto dalam pendidikan diniyah salafiyah juga diberikan pendidikan vokasional sehari dalam sepekan,” kata Pakde Karwo saat upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018 di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (5/2/2018)

Selanjutnya, dalam skema program dual track ini, beberapa bidang pendidikan keahlian akan disisipkan dalam kurikulum. Pendikan keahlian itu seperti bidang teknologi dan rekayasa, teknologi informasi dan komunikasi, kesehatan, agrobisnis dan agroteknologi, perikanan dan kelautan, bisnis dan manajemen, pariwisata, seni rupa dan kriya, serta seni pertunjukan.

Setelah siswa lulus, mereka akan mendapatkan sertifikat dari Badan Standardisasi Nasional (BSN) yang bisa digunakan untuk masuk ke pasar tenaga kerja jika siswa memutuskan untuk tidak melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

Pakde Karwo juga menegaskan, program pendidikan vokasi "dual track" ini adalah bagian program Pemprov Jatim untuk membentuk budaya pejuang dalam pertarungan sumber daya manusia di tingkat nasional dan internasional. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com