Indikator
  • Undercontruction
Asian Games 2018

OCA Revisi Perolehan Medali Emas Indonesia di Asian Games 1962

Home / Peristiwa - Nasional / OCA Revisi Perolehan Medali Emas Indonesia di Asian Games 1962
OCA Revisi Perolehan Medali Emas Indonesia di Asian Games 1962 Olympic Council of Asia. (Grafis: Dena/TIMES Indonesia)

TARAKANTIMES, JAKARTA – Catatan bersambung Lipsus Asian Games 2018 oleh TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id) berjudul: Kontingen Indonesia Merebut  21 Medali Emas, direspon positif netizen. Sejak dirilis pada 21/8/2018 sudah 1.41m yang ngeklik catatan bersambung seri ke-4 itu.

Para netizen agaknya tartarik membaca berita berjudul itu lantaran penasaran bahwa kontingen Indonesia yang baru berlaga di Asian Games 2018, sudah meraih emas sebanyak itu. Padahal, judul itu ditampilkan untuk perolehan medali di Asian Games 1962. Bukan yang tengah berlangsung di Jakarta dan Palembang saat ini.

"Judul itu sangat menarik dan memancing netizen untuk pingin tahu," ujar seorang rekan wartawan senior olahraga di Jakarta.

Wartawan media cetak inipun juga tak yakin Indonesia bisa meraih medali emas sebanyak itu  lantaran cabang olahraga yang dipertandingkan tak sebanyak sekarang.

Tak heran jika polemik inipun muncul saat situs resmi Asian Games 2018 merilis data statistik perolehan medali Indonesia, Minggu (26/8). Ada perbedaan data mengenai jumlah perolehan medali emas Indonesia pada Asian Games 1962. 

Ada yang menyebut 11 medali emas, juga sebagian lagi menyebutkan 21 medali emas. Seperti yang ditelusuri Tim Lipsus Asian Games TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id) dari wikipedia yang merujuk dari tabel Olympic Council of Asia (OCA).

Badan resmi olahraga dia Asia in menuliskan Indonesia mendapat 21 emas pada tahun 1962. Namun OCA tidak melampirkan data atlet yang meraih emas.

Tak heran saat Indonesia mendapat medali emas ke-12 dari cabang JetSki lewat Aqsa Sutan Aswar, di situs resmi Asian Games 2018, muncul data bahwa Indonesia telah melewati rekor terbaik yang pernah dicapai sebelumnya pada tahun 1962 yakni 11 emas. 

Informasi ini kemudian menuai protes. OCA jadi sasaran. Ada beberapa bukti kejanggalan dalam catatan yang muncul di Wikipedia.

Informasi dua medali emas pada Asian Games 1962 dari cabang renang, namun  saat dicek ke daftar pemenang renang saat itu, tak ada nama atlet Indonesia. 

Hal serupa juga terjadi di cabang tinju. Tak ada pemenang Indonesia seperti diklaim dalam halaman sebelumnya.

Informasi dari koran yang mengutip Associated Press juga menyebut bahwa Indonesia memperoleh 11 medali emas. Bahkan di dokumen arsip nasional, tercantum jelas Indonesia berada di peringkat kedua dengan 11 emas.

Terkait raihan 11 medali emas, data pemenangnya bisa dipertanggungjawabkan dan nama-namanya bisa dilacak.

Seperti yang dirilis Kontan, medali-medali itu datang dari 5 nomor di badminton, 3 emas dari sepeda, 2 emas dari atletik dan satu emas dari cabang diving.

Artinya, informasi dari OCA memang sejak awal meragukan. Tak heran, dalam situs resmi OCA menginformasikan soal medali emas Indonesia Asian Games 1962 sudah berubah. 

Dari sebelumnya 21 emas, menjadi 11 emas dengan tambahan perak 12 medali dan perunggu 28 medali. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com