Hari Pendidikan Nasional

Berikut Pesan Mendikbud dalam Upacara Peringatan Hardiknas 2018 di Jember

Home / Berita / Berikut Pesan Mendikbud dalam Upacara Peringatan Hardiknas 2018 di Jember
Berikut Pesan Mendikbud dalam Upacara Peringatan Hardiknas 2018 di Jember Paskibra mengibarkan bendera Merah Putih dalam upacara peringatan Hardiknas 2018 dan Hari Otonomi Daerah ke-22 di Alun-Alun Kabupaten Jember. (FOTO: Dody Bayu Prasetyo/TIMES Indonesia)

TIMESTARAKAN, JEMBERHari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018 diperingati di Jember, Jawa Timur, tepatnya di Alun-Alun Kabupaten Jember, pada Rabu (2/5/2018).

Bupati Jember dr Faida menyampaikan pesan tertulis Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, saat menjadi inspektur upacara peringatan Hardiknas 2018 sekaligus Hari Otonomi Daerah ke-22.

Muhadjir mengatakan bahwa Hardiknas tahun ini diharapkan dapat menjadi momentum refleksi diri untuk menguatkan pendidikan, dan memajukan kebudayaan.

"Pada momentum peringatan Hardiknas tahun ini mari kita eratkan hubungan antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tercermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara," ujar Muhadjir dalam pesan yang dibacakan Bupati Faida.

Muhadjir meyakini kebudayaan yang maju dapat membuat pendidikan nasional kuat.

"Begitu pula sebaliknya, jika pendidikan kita subur dan rindang akar kebudayaan akan lebih menghujam kian dalam di tanah tumpah darah Indonesia," ujarnya terkait tema peringatan Hardiknas 2018, yakni Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan.

Muhadjir juga menyampaikan bahwa kondisi ideal pendidikan dan kebudayaan nasional saat ini masih jauh dari jangkauan. Namun, lanjutnya, pemerintah terus berupaya keras dengan memperluas akses pendidikan yang berkualitas kepada masyarakat.

"(Pemerintah, Red) terus-menerus mengkalibrasi praktek pendidikan yang berkualitas agar memiliki presisi pendidikan yang tinggi dan sesuai dengan tuntutan masyarakat, lapangan pekerjaan, dan kebutuhan pembangunan," tuturnya.

Di akhir amanatnya pada peringatan Hardiknas 2018 di Jember, dia menambahkan bahwa Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang dicanangkan pemerintah dalam Peraturan Presiden (PP) Nomor 87 Tahun 2017 tentang PPK mendapat sambutan positif dari berbagai kalangan. PPK juga merupakan bagian dari gerakan nasional Revolusi Mental yang digagas Presiden Joko Widodo.

"Kita patut bersyukur ternyata antusias masyarakat terhadap gerakan PPK ini luar biasa. Mereka menyadari bahwa penguatan karakter dan literasi warga negara merupakan bagian penting yang menjadi ruh dalam kinerja pendidikan dan kebudayaan," imbuh Muhadjir. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com