Indikator
  • Undercontruction

Hebat, Dua Warga Bontang Sumbang Emas di Asian Games 2018

Home / Olahraga / Hebat, Dua Warga Bontang Sumbang Emas di Asian Games 2018
Hebat, Dua Warga Bontang Sumbang Emas di Asian Games 2018 Pesilat Indonesia Iqbal Chandra Pratama (atas) mengunci pesilat Vietnam Ngoc Toan Nguyen (bawah) dalam babak final Kelas D Putra Asian Games 2018. (FOTO: ANTARA FOTO/INASGOC/Melvinas Prianandan)

TARAKANTIMES, BONTANGIqbal Chandra Pratama, kembali menorehkan prestasi. Kali ini, atlet pencak silat asal Kota Bontang, Kalimantan Timur yang mewakili Indonesia itu memperoleh medali emas di Asian Games 2018.

Tim Lipsus Asian Games 2018 mencatat, di final Kelas D Putra (60-65 Kg), Iqbal mengalahkan Ngoctoan Nguyen (Vietnam) di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur,  Senin (27/8/2018) sore.

Iqbal merupakan pesilat asal Kalimantan Timur (Kaltim). Ia tergabung di Perguruan Tapak Suci. Ia juga pernah tercatat mengenyam pendidikan di Sekolah Khusus Olahraga Internasional (SKOI) Kaltim, sekolah khusus bagi atlet muda Kaltim. Saat ini, Iqbal melanjutkan pendidikannya ke program studi Hubungan Internasional Universitas Mulawarman (Unmul), Kaltim.

Darah pencak silat telah mengalir dalam diri lelaki kelahiran Lhoukseumawe, Aceh, 12 Mei 1996 tersebut. Ayah dan ibunya, Marjuki dan Mairina Nawi, juga merupakan atlet pencak silat. Tidak hanya Iqbal, sang adik Dinda Nur Aida juga merupakan atlet muda pencak silat kebanggaan Kaltim.

Di Kota Taman (Bontang), kedua orangtuanya tinggal di Jalan Jawa Blok PP nomor 09 Perumahan BTN KCY, Kelurahan Api-Api. Di bawah bimbingan kedua orang tua, Iqbal mulai mengenal cabang olahraga bela diri tersebut sejak duduk di bangku kelas 4 SD.

Sederet prestasi nasional dan internasional pun telah ditorehkan pria yang pernah tergabung dalam perguruan silat Tapak Suci Putera Muhammadiyah (TSPM) Bontang itu. Diantaranya medali emas dalam Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional 2015 di Aceh. 

Di tahun berikutnya, Iqbal meraih medali emas di ASEAN University Games 2016. Selanjutnya, mendali pada Pencak Silat World Championship 2016 di Bali. Tak hanya itu saja, juga pada tahun yang sama, Iqbal yang pada saat itu mewakili Provinsi Kaltim menyumbangkan medali perak dalam PON Jawa Barat. 

Catatan prestasi pun berlanjut di tahun 2018 ini. Sebelum gelaran Asian Games 2018, Iqbal menyabet dua medali emas dalam kejuaraan kelas dunia, yakni di Belgia Open 2018 dan Invitation Tournament Asian Games 2018. 

Satu hal yang menarik, Tim Lispus Asian Games 2018 mencatat pasangan hidup Iqbal Chandra Pratama, Sarah Tria Monita, juga meyumbangkan medali emas untuk kontingen Indonesia pada Asian Games 2018 di cabang yang sama, Pencak Silat. Istri atlet asal Bontang itu mengalahkan Vongphakdy Nong Oy asal Laos di Kelas C Putri, 55 Kg sampai 60 Kg. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com