Peringati Hari Otonomi Daerah, Tjahjo Titip Pesan untuk Elit Kabupaten Jember

Home / Berita / Peringati Hari Otonomi Daerah, Tjahjo Titip Pesan untuk Elit Kabupaten Jember
Peringati Hari Otonomi Daerah, Tjahjo Titip Pesan untuk Elit Kabupaten Jember Bupati Jember dr Faida menyampaikan amanat tertulis Mendagri Tjahjo Kumolo saat peringatan Hari Otonomi Daerah di Alun-Alun Kabupaten Jember. (FOTO: Dody Bayu Prasetyo/TIMES Indonesia)

TIMESTARAKAN, JEMBER – Bupati Jember dr Faida menjadi inspektur upacara peringatan Hari Otonomi Daerah ke-22 sekaligus Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Alun-Alun Kabupaten Jember, Jawa Timur, Rabu (2/5/2018).

Dalam upacara tersebut Faida menyampaikan amanat tertulis Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo terkait penyelenggaraan otonomi daerah. Dalam amanatnya, Tjahjo mengatakan bahwa penyelenggaraan otonomi daerah dimaksudkan untuk membangun tata kelola pemerintahan daerah yang bersih dan efektif.

"Hal tersebut bertujuan untuk peningkatkatan kesejahteraan rakyat melalui peningkatan kualitas dan daya saing masyarakat," pesan Tjahjo dalam amanat tertulis yang dibacakan Bupati Jember Faida di hadapan ratusan peserta upacara.

Tjahjo juga menyatakan bahwa pemerintah telah melakukan berbagai terobosan penting untuk menciptakan otonomi daerah yang bersih dan efektif.

Salah satunya yakni dengan menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2017 Tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

"Di PP itu mengatur dengan jelas koordinasi antara aparat internal pemerintah daerah dengan aparat penegak hukum. Pengaduan masyarakat akan diperiksa bersama apakah mengarah kepada indikasi korupsi atau kesalahan administrasi agar diskresi administrasi tidak melanggar hukum," terang Tjahjo.

Tjahjo juga menyampaikan tiga pesan penting kepada penyelenggara pemerintahan daerah. Pertama, integritas dan etika profesionalisme bagi para pemimpin dan penyelenggara pemerintahan daerah harus dikedepankan.

Kedua, tata kelola pemerintahan daerah dalam otonomi daerah yang baik harus selalu menjadi komitmen bersama penyelenggara pemerintahan daerah dan jajarannya.

Ketiga, upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan kualitas pelayanan publik, peningkatan daya saing perekonomian daerah harus menjadi prioritas kebijakan di semua level pemerintahan daerah.

"Saya berharap Hari Otonomi Daerah ini bukan hanya seremoni belaka tapi menjadi momentum ecaluasi apakah penyelenggaraan otonomi daerah sudah bermuara pada kesejahteraan masyarakat," ujar Tjahjo kepada penyelenggara pemerintahan Kabupaten Jember. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com