Dugaan Petugas PKH Kampanye, Panwaslu Lamongan Periksa Saksi Kunci

Home / Berita / Dugaan Petugas PKH Kampanye, Panwaslu Lamongan Periksa Saksi Kunci
Dugaan Petugas PKH Kampanye, Panwaslu Lamongan Periksa Saksi Kunci Petugas Panwaslu memeriksa saksi kunci Amat, Senin, (30/4/2018). (FOTO: Ardiyanto/TIMES Indonesia)

TIMESTARAKAN, LAMONGAN – Panitia Pengawas Pemilu (PanwasluKabupaten Lamongan, Jawa Timur (Jatim), terus melakukan pendalaman terkait dugaan oknum petugas Program Pendamping Keluarga Harapan (PKH) yang menjalankan kampanye terselubung.

Panwaslu Lamongan, telah melakukan pemeriksaan dan klarifikasi terhadap sejumlah saksi pelapor maupun terlapor. Bahkan, Senin, (30/4/2018), pihak Panwaslu telah memeriksa saksi kunci, warga Kendal Kemlagi, Kecamatan Karanggeneng, Amat.

“Saya diperiksa masalah pembagian PKH yang diberikan stiker Calon Gubernur nomor 1,” kata pria yang juga berprofesi sebagai Satpam seusai diperiksa Panwaslu, Senin, (30/4/2018).

Amat, yang kehadirannya ditunggu Panwaslu Lamongan, membenarkan kalau ada oknum yang diduga petugas program PKH, membagikan stiker dan mengajak agar memilih salah satu calon Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub dan Cawagub) Jatim, ke Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“Saya tahu ada orang berbondong-bondong pulang dari menerima uang PKH itu membawa stiker, terus saya tanya, katanya mereka dapat stiker dari penerima PKH, terus penerima itu ngakunya disuruh ketua kelompok,” ucapnya di kantor Panwaslu Lamongan.

"Setelah saya tanya kepada KPM, mereka menerima uang PKH yang ATM-nya sebelumnya dibawa oleh petugas secara kolektif itu, dan juga diberikan stiker pasangan nomor urut 1," ujarnya.

Lebih lanjut Amat mengatakan, dalam hal pencairan oleh oknum petugas PKH, tak mentaati dan menjalankan sesuai regulasi yang ada. Ia menilai, mengkolektifkan ATM dan PIN penerima PKH merupakan tindakan salah.

Apalagi di situ juga dibarengi dengan ajakkan memilih pasangan calon. “Kalau KPM tidak bisa mengambil uang di ATM-kan masih ada keluarganya,” tutur Amat kepada petugas Panwaslu Lamongan.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com