Jangan Menggosok Mata saat Gatal, Ini Bahayanya

Home / Gaya Hidup / Jangan Menggosok Mata saat Gatal, Ini Bahayanya
Jangan Menggosok Mata saat Gatal, Ini Bahayanya Mengucek mata. (FOTO: Hello Sehat)

TIMESTARAKAN, JAKARTA – Apa yang Anda lakukan jika mata gatal? Pasti sebagian dari kita memilih untuk mengucek mata atau menggosok mata dengan telapak tangan atau jari. Meski umum dilakukan ternyata kebiasaan ini tidak baik lho.

Seperti dilansir dari Antara, dr. Sophia Pudjiastuti, SpM(K) mengatakan sebaiknya mata jangan diucek dengan tangan. Mengucek mata apalagi terlalu keras bisa memberi tekanan pada mata dan ini bisa membahayakan kornea mata. Biasanya kornea bisa melemah dan terdorong ke depan. Bentuknya pun bisa berubah menjadi runcing.

Selain itu, mengucek mata juga bisa menyebabkan mata menjadi kemerahan,hingga transmisi bakteri dan kuman dari tangan ke mata sehingga memicu infeksi.

Jika mata gatal apa yang harus dilakukan selain menggosok mata dengan tangan? Pilihan yang bisa dilakukan adalah mengedip-kedipkan mata beberapa saat. Selain itu, juga bisa dengan menggunakan obat tetes mata. Jika rasa gatal tak kunjung reda, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. Karena ini bisa saja alergi terhadap suatu zat dan berbagai kemungkinan lainnya. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com