Indikator
  • Undercontruction

JCC: Pemerintah Harus Fokus Bantu Korban Gempa Bumi di Lombok

Home / Peristiwa - Nasional / JCC: Pemerintah Harus Fokus Bantu Korban Gempa Bumi di Lombok
JCC: Pemerintah Harus Fokus Bantu Korban Gempa Bumi di Lombok (Grafis: Dena/TIMES Indonesia)

TARAKANTIMES, JAKARTAPresiden Jokowi harus memrintahkan semua lembaga pemerintah untuk turun membantu para korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Karena kondisi parah dan banyak korban berjatuhan.

Hal tersebut disampaikan Chairman John Caine Center (JCC), Najib Attamimi, kepada TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id), Senin (6/8/2018) malam, setelah melihat pemerintah terkesan lambat mengerahkan bantuan dan perhatiannya ke lokasi Gempa bumi berskala dhasyat 7,0 SR.

"Sejak gempa terjadi, hingga hari kedua, terlihat pemerintah lambat merepon dan langsung turun lapangan. Padahal, kejadiannya sangat darurat dan banyak korban yang meninggal. Ini bencana kemanusiaan, yang harus cepat pertolongannya," tegas Najib.

Pemerintah katanya, harus sigap dan Presiden Jokowi menginstruksikan kepada semua elemen pemerintah, pusat, provinsi dan daerah, terutama TNI, Polri dan lembaga pemerintah lainnya, turun tangan membantu.

"Tenda pengungsian, sembako dan kebutuhan lainnya, yang dibutuhkan di lokasi gempa, harus segera dikirim. Korban sangat membutuhkan. Karena masih ada korban yang tidak beradi tenda pengungsian. Apalagi, saat ini cuacanya sangat dingin," katanya.

Gempa pertama, kata Najib, Presiden Jokowi memang sudah ke lokasi. Namun, pada gempa susulan saat ini, seharusnya Presiden juga harus turun langsung menyapa para korban dan melihat langsung seperti apa diloaksi gempa.

"Ini penting sekali. Karena para korban dan warga disana, masih trauma. Belum berani kembali ke rumah masing-masing, walau kondisi sudah aman. Saya berharap, pemerintah jangam sibuk soal persiapan jelang Pilpres. Sejenak fokus ke bencana di Lombok," harapnya.

Personel TNI dan Polri, tidak hanya mengandalkan yang ada di NTB. Namun, harus banyak personel tambahan yang dikirim membantu parankorban. 

"Panglima TNI dan Kapolri, mohon proaktif dan konsentrasi pada penanganan bencana di Lombok. Personel TNI dan Polri segera diturunkan. Pihak Kementerian juga harus mendata apa ayang dibutuhkan korban di lokasi bencana," katanya.

Semoga tambah Najib, bencana tak terjadi lagi di Indonesia. Para korban selamat gempa bumi di Lombok dan sekitarnya, segera pulih dan hilang rasa traumanya. "Bisa kembali beraktivitas dengan normal. Fasilitas umum yang rusak segera diperbaiki oleh pemerintah. Rumah warga yang rusah segara ada perhatian dari pemerintah dan semua pihak yang punya kepedulian," pungkasnya. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com