Indikator
  • Undercontruction
Prestasi Nusantara

Prestasi Dunia, Mahasiswa UPI Raih Juara 2 Balap Mobil Hemat Energi

Home / Olahraga / Prestasi Dunia, Mahasiswa UPI Raih Juara 2 Balap Mobil Hemat Energi
Prestasi Dunia, Mahasiswa UPI Raih Juara 2 Balap Mobil Hemat Energi Ramdani, pengemudi tim Bumi Siliwangi, UPI, Bandung, bersama tim Prancis, juara dua dan Amerika Serikat, juara tiga. (FOTO: BBC Indonesia)

TARAKANTIMES, LONDON – Prestasi demi prestasi mahasiswa Indonesia makin melengkapi prestasi nusantara di pentas internasional. Sebelum sukses mahasiswa UGM, dua hari sebelumnya Tim Mahasiswa UPI (Universitas Pendidikan Indonesia), Bandung, juga menorehkan prestasi serupa. Mereka meraih posisi 2 Lomba Balap Mobil Hemat Energi buatan mahasiswa di London, Inggris.

Lomba bertajuk Shell Eco Marathon Drivers World Championship ini diikuti tim mahasiswa UPI yang menamakan diri Tim Bumi Siliwangi. Tim ini berada di posisi kedua di belakang tim Prancis.

Juara-Dunia-Balap-Mobil-2.jpg(FOTO: BBC Indonesia)

Mereka menyisihkan delapan tim yang turun dalam final Balap Urban Concept (konsep perkotaan) dengan tiga jenis bahan bakar. Yakni, bensin, disel dan listrik. Balapan dihelat di Olympic Park, London, Minggu (3/7/2018). Ada 200 tim mahasiswa dari 29 negara turut ambil bagian dari lomba ini.

Dilansir dari BBC News, Manajer Shell Eco Marathon, Danny Van Otterdyk, memuji kalkulasi tim Bumi Siliwangi. Tim ini menjadi juara dengan mobil listrik.

"Cara mereka menghitung energi sangat baik dan mereka pantas menang. Saya senang mereka bisa menang dalam acara perdana lomba balap mobil buatan mahasiswa ini," kata Van Otterdyk kepada wartawan BBC Indonesia, Endang Nurdin.

Juara-Dunia-Balap-Mobil-3.jpg(FOTO: BBC Indonesia)

Saat lomba dimulai, mobil listrik Bumi Siliwangi, sempat turun di tempat keempat. Namun Siliwangi mampu menyalip ke tempat teratas dalam tiga putaran lomba sejauh masing-masing sekitar 2,25 kilometer, dengan elevasi naik turun antara tiga sampai 12 meter.

Posisi kedua dalam lomba balap pertama ini diduduki tim dari Prancis ISEN Toulon yang juga menggunakan baterai listrik seperti UPI Bandung, dan yang ketiga tim Mater Dei Supermileage, dari Amerika Serikat yang menggunakan bahan bakar bensin.

Ada tiga tim mahasiswa yang mewakili Indonesia dalam ajang ini. Yakni , tim mahasiswa UI (Universitas Indonesia) dengan bahan bakar bensin dan ITS Surabaya dengan diesel. Namun hanya Bumi Siliwangi yang lolos ke putaran final.

Juara-Dunia-Balap-Mobil-4.jpg(FOTO: BBC Indonesia)

Tim Mahasiswa UPI ini pun lolos dan menjuarai Lomba Balap Mobil Hemat Energi buatan mahasiswa. Mereka pun makin menambah deretan prestasi nusantara di pentas dunia. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com