Masih Jarang Dikonsumsi, Ternyata Beras Hitam Kaya Nutrisi Lho

Home / Gaya Hidup / Masih Jarang Dikonsumsi, Ternyata Beras Hitam Kaya Nutrisi Lho
Masih Jarang Dikonsumsi, Ternyata Beras Hitam Kaya Nutrisi Lho Kandungan Nutrisi pada beras Hitam (FOTO: berashitam)

TIMESTARAKAN, JAKARTABeras hitam? Bagi sebagian orang, beras hitam adalah sesuatu yang asing. Meskipun beras hitam tidak terlalu populer layaknya beras merah dan beras putih, namun kandungan serta nutrisi beras hitam yang dimiliki layak untuk diperhitungkan.

Pasalnya, selain digunakan untuk makanan pokok, beras hitam juga biasa digunakan ketika seseorang sedang menjalani proses diet. Dilansir dari Dokter Sehat, hal itu dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh Universitas Sebelas Maret (UNS) yang mendapati hasil bahwa di dalam beras hitam, terkandung banyak gizi yang baik bagi kesehatan tubuh, layaknya beras putih.

Banyak pakar yang mengatakan bahwa beras hitam adalah jenis beras yang tidak bisa dikuliti. Maksudnya adalah walau telah dimasak, nutrisi yang dikandungnya tidak akan hilang dan tentunya akan memberikan manfaat bagi tubuh, tidak hanya efek kenyang. Nah, berikut ulasan beberapa kandungan dari beras hitam yang perlu Anda ketahui.

1. Antioksidan Antosianin
Antioksidan dari beras hitam terdapat pada bagian kulit luar dalam jumlah yang banyak. Digadang jika kandungan ini bisa melawan sel kanker, jantung, diabetes, hingga penyakit mematikan lainnya. Selain itu, mengonsumsi beras hitam cukup direkomendasikan bagi seseorang yang memiliki riwayat diabetes, karena beras hitam tidak mengandung gula terlalu banyak.

2. Vitamin E
Selain mengandung antioksidan antosianin, bagian kulit dari beras hitam juga kaya akan vitamin E yang sangat baik bagi peningkatan sistem imun tubuh dalam menangkal radikal bebas. Maka dengan rutin mengonsumsinya, tubuh Anda akan mampu mengusir kolesterol jahat secara alami yang bersarang di dalam tubuh.

3. Zat Besi
Kabar terkini mengatakan jika beras hitam memiliki kandungan zat besi tiga kali lipat bila dibandingkan dengan beras putih. Tentunya hal tersebut sangat berpotensi dalam memberikan kebugaran bagi tubuh. Tak hanya efek kenyang, zat besi ini juga bisa meningkatkan fungsi otot dan otak seseorang.

Itulah kandungan dan nutrisi beras hitam. Anda tertarik mengonsumsi beras hitam? (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com