Indikator
  • Undercontruction

Agar Mudik Bersama Anak Bisa Nyaman, Lakukan Tips Ini

Home / Gaya Hidup / Agar Mudik Bersama Anak Bisa Nyaman, Lakukan Tips Ini
Agar Mudik Bersama Anak Bisa Nyaman, Lakukan Tips Ini ILUSTRASI Mudik bersama anak. (FOTO: Abi Ummi)

TARAKANTIMES, JAKARTAMudik Lebaran harus dipersiapkan dengan matang, terlebih jika Anda mudik bersama anak yang masih kecil. Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto berbagi kia mudik bersama anak agar tetap nyaman dalam perjalanan.

Dilansir dari Antara, Susanto mengatakan agar Anda tidak lupa membawakan anak mainan favoritnya. Cara ini bisa mengusir rasa bosan anak selama perjalanan. Namun, jangan berlebihan membawa mainan agar barang bawaan Anda tidak terlalu banyak.

Selain mainan, Susanto mengimbau kepads orang tua agar bisa secara kreatif menceritakan keunggulan sejarah khas atau cerita daerah yang dilewati saat mudik. Tujuannya, selain mengalihkan rasa bosan, anak juga bisa mendapatkan khazanah edukasi.

Tidak kalah penting, jika anak mulai menunjukkan rasa bosan, mengajak anak mengobrol atau menunjukkan pemandangan menarik bisa menjadi andalan selama mudik Lebaran.

Pastikan juga anak tidak main gadget secara berlebihan, agar tidak menimbulkan dampak negatif termasuk "gelisah/ melawan" jika anak dipisahkan dari gadgetnya.

Tak hanya berpatokan pada menghilangkan rasa bosan anak, orang tua juga harus memperhatikan asupan makanan anak. Beri anak asupan makanan dan minuman yang sehat. Bila perlu diberi vitamin agar kesehatan anak tetap terjaga.

Ada hal lain yang bisa Anda perhatikan saat mudik bersama anak. Selama proses mudik Lebaran, anak bisa kelelahan. Maka, orang tua sebaiknya memastikan anak beristirahat cukup agar tidak kelelahan. Anda bisa memanfaatkan rest area yang sudah banyak disiapkan di titik-titik tertentu. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com