Kepala BNN Kota Batu: Penyalahgunaan Pil Koplo Dikalangan Pelajar Cukup Tinggi

Home / Berita / Kepala BNN Kota Batu: Penyalahgunaan Pil Koplo Dikalangan Pelajar Cukup Tinggi
Kepala BNN Kota Batu: Penyalahgunaan Pil Koplo Dikalangan Pelajar Cukup Tinggi Kepala BNN Kota Batu, AKBP Heru Cahyo Wibowo saat ditemui di Balai Kota Among Tani, Kamis (26/4/2018). (FOOT: Ferry/TIMES Indonesia)

TIMESTARAKAN, BATU – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNNKota Batu, AKBP Heru Cahyo Wibowo, mengatakan, penyalahgunaan pil koplo seperti pil dobel L, cukup tinggi, termasuk di kalangan remaja atau pelajar. Untuk itu, diperlukan kerja sama berbagai pihak dalam pencegahan dan pengawasan.

Menurut Heru, umumnya penyalahgunaan pil koplo di kalangan pelajar masih bersifat coba pakai.

"Memang angka penyalahguna tingkat SMP, SMA, dan perguruan tinggi untuk tingkat coba pakai itu tinggi," kata Heru, Kamis (26/4/2018) saat ditemui di Balai Kota Among Tani, Kota Batu.

Karena masih coba pakai, dia berharap upaya BNN dengan melakukan test urine bagi pelajar di sekolah, bisa berdampak pada keputusan berhenti menggunakan.

"Harapan kita, dengan tes urin, BNN datang (ke sekolah), mereka berhenti," ucapnya.

Selain itu, dia pun berharap, pihak terkait turut melakukan pengawasan terhadap peluang masuknya narkoba dan bahan adiktif lain ke kalangan pelajar. 

Heru mengingatkan, penggunaan pil dobel LL berbahaya bagi kesehatan jiwa pemakainya.

"Jika dikonsumsi terus menerus bisa sampai gila. Perilakunya (pelajar) bisa berubah," ujarnya mencontohkan temuannya di salah satu daerah di Jawa Timur.

Tingginya penyalahgunaan pil koplo di kalangan pelajar, perlu menjadi perhatian bersama semua pihak dalam pencegahan dan pengawasannya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com