Indikator
  • Undercontruction

Sedang Diet? Jangan Takut Konsumsi Makanan Ini

Home / Gaya Hidup / Sedang Diet? Jangan Takut Konsumsi Makanan Ini
Sedang Diet? Jangan Takut Konsumsi Makanan Ini Diet. (FOTO: bisikan.com)

TARAKANTIMES, JAKARTA – Saat melakukan diet, kita tidak hanya mengatur jumlah dan jenis makanan yang kita konsumsi, namun juga jadwal. Dengan jadwal dan jeda makan yang teratur maka diet penurunan berat badan juga akan berhasil.

Namun jika saat proses diet sedang berlangsung, tentu tubuh kita masih beradaptasi dengan kebiasaan jadwal diet baru tersebut. Maka, pemilihan makanan atau camilan yang tepat dapat membantu agar diet kita tetap berhasil.

Menurut beberapa studi, makanan yang bisa dipilih untuk mendukung diet namun tetap aman dikonsumsi sebagai camilan, adalah makanan yang dapat mengisi dan mengenyangkan tubuh, baik dari segi bentuk atau kandungan gizi. Dilansir dari Dokter Sehat, berikut makanan yang aman dikonsumsi saat diet.
 
1. Sup dengan Kaldu
Meski terdengar sepele, namun suatu
penelitian yang dilakukan oleh Pennsylvania State University dan
University Park menyebutkan bahwa sup dengan kaldu hewani merupakan bahan makanan cair dengan sedikit energi yang tidak menyebabkan peningkatan berat badan yang berarti bagi tubuh. Sup dengan kaldu akan baik jika isi dari sup adalah bahan makanan tinggi serat seperti sayur berdaun hijau gelap agar tubuh bisa merasa kenyang lebih lama.

2. Apel
Apel adalah buah yang paling tepat dikonsumsi saat rasa lapar ketika diet datang. Berdasarkan data dari
United States Departement of Agriculture, 100 gram apel atau setara dengan 1 buah apel ukuran sedang, memiliki kandungan serat sebesar 2,4 gram. Angka ini adalah yang paling tinggi jika dibandingkan dengan buah lain yang kemudahan perolehannya/ketersediaannya sama dengan apel.

Apel juga memiliki kandungan kalori yang rendah, yaitu 52 kkal yang membuat apel tidak banyak memengaruhi kenaikan berat badan.

3. Kacang-kacangan
Golongan kacang-kacangan kerap dihindari karena dianggap memiliki banyak protein dan lemak. Namun sebenarnya beberapa jenis kacang memiliki kandungan serat tinggi dan protein yang rendah lemak jenuh. Beberap tips untuk mengonsumsi kacang agar asupannya tidak berlebihan adalah mengonsumsinya diiringi dengan minum air putih, sehingga perut akan lebih cepat merasa kenyang.

Itulah makanan yang bisa Amda konsumsi saat diet. Pilih saja makanan tersebut, agar kita bisa mengonsumsi camilan namun diet juga tetap berjalan lancar. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com